Minggu, 27 Juli 2008

Deskripsi Alat

Prototype Alat Uji Tarik merupakan alat yang berfungsi untuk mengetahui spesifikasi kekuatan atau kelenturan dari suatu material dan sebagai data pendukung bagi spesifikasi material
Dalam tugas akhir ini pengembangan sistem alat pengujian dilakukan dengan menggunakan PIC 16F877A sebagai otak/controller prototype ini dan sensor sebagai pembaca data pertambahan panjang dari material yang diuji. Sensor pembaca data ini menggunakan potensiometer geser.
Di sini akan dibangun suatu sistem prototype untuk pengukuran besaran mekanik secara digital. Besaran mekanik yang diukur menggunakan sistem percobaan tension test atau uji tarik. Sistem prototype ini adalah membuat suatu sistem yang dapat melakukan pengujian pada suatu bahan dengan ketebalan tertentu dengan menarik material yang akan diuji, Pada saat penarikan yang dilakukan dengan menggunakan motor ini berlangsung, semua data mekanik yang terjadi pada material akan terekam dan disimpan melalui PIC yang terintegrasi langsung pada system prototype.
Hal ini memudahkan eksperimen dan analisis pengujian material. Besaran fisis yang diambil adalah perubahan panjang pada material sepanjang proses penarikan
Proses mekanik dilakukan dengan menggunakan motor DC 12 Volt 5 Ampere untuk melakukan proses tarik (tension) pada material. Motor ini memiliki torsi yang cukup besar sehingga memenuhi syarat sebagai aktuator untuk menarik benda/material.
PIC 16F877A akan digunakan untuk mengontrol arah dari putaran motor serta pengambilan data secara otomatis.

Tidak ada komentar: